Hasil perkawinan Beritagar.com dan Lintas.me akhirnya lahir

Hasil perkawinan Beritagar.com dan Lintas.me akhirnya lahir

Techno.id - Beritagar.com mengakui perusahaannya telah dimodali PT Global Digital Prima (GDP) Venture. Bahkan, perusahaan penyedia konten berita dari berbagai sumber itu menyatakan penggabungan perusahaannya dengan Lintas.me yang sudah lebih dulu dimiliki GDP.

Tak perlu menunggu terlalu lama, hasil perkawinan antara Lintas.me dan Beritagar.com yang difasilitasi GDP akhirnya menampakkan wujud. Kedua perusahaan situs kurasi publik tersebut berevolusi menjadi Beritagar.id dengan jargon "Merawat Indonesia".

"Lintas.me dan Beritagar.com sepakat untuk berubah menjadi Beritagar.id yang resmi mengudara sejak pukul 00.00 tanggal 24 Agustus," kata Didi Nugrahadi, Co-Founder dan Chief Operating Officer Beritagar.id saat ditemui di kantornya, Gedung Jatibaru 28, Jakarta.

Tepat pukul 00.01, Beritagar.id muncul dengan "Surat dari Jatibaru" sebagai konten perdana yang memaparkan identitas yang dimilikinya. Ialah Wicaksono yang juga biasa dikenal sebagai @Ndorokakung ikut memperkenalkan diri selaku Pemimpin Redaksi Beritagar.id.

"Hari ini, Senin, 24 Agustus 2015, situs ini bersalin rupa. Serba baru. Baik nama, logo, tata muka, jenis huruf, warna, maupun para jurnalis yang bekerja di ruang redaksi, telah berubah. Beritagar.id versi baru merupakan gabungan dari situs kurasi publik, Lintas.me, dengan situs kurasi Beritagar.com," tulis Wicaksono.

Dalam suratnya itu, Ndorokakung mengungkapkan Beritagar.id merupakan situs berita pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi untuk mengumpulkan dan menganalisis beragam konten yang bertebaran, sebagai data untuk diolah dan diceritakan kembali. Teknologi ini dikenal dengan nama computer-assisted reporting (teknologi pelaporan dengan bantuan komputer).

"Ilmuwan komputer Jim Geovedi dan tim Rekanalar mengembangkan teknologi khusus untuk Beritagar.id itu sejak November 2013. Teknologi yang dikembangkan Jim berbasis Machine Learning (ML) dan Natural Language Processing (NLP)," lanjut Ndorokakung dalam artikelnya.

NLP sendiri merupakan bidang ilmu komputer yang berhubungan dengan kecerdasan buatan dan komputasi linguistik, seputar interaksi antara bahasa manusia dan komputer. Sedangkan ML adalah bagian ilmu komputasi yang berfokus pada pengenalan pola dan pembelajaran oleh kecerdasan buatan.

Masih dalam artikel yang sama, sosok populer di Twitterland itu mengungkap konten di Beritagar.id mengandalkan data yang dikemas ulang baik dalam bentuk tulisan, infografik maupun videografik. Soal penyediaan data, mereka bekerja sama dengan lembaga riset Loop Indonesia yang disajikan setelah melewati proses seleksi.

Meskipun telah menggabungkan teknologi, data dan keandalan editor, Beritagar.id tetap mengaku tak akan luput dari kesalahan. Namun begitu, perusahaan ini menjamin konten yang disediakannya diracik dengan mematuhi prinsip, kaidah dan etika jurnalistik.

(brl/red)