4 Tahun berdiri, Rakuten Belanja Online gelar Rakuten Expo 2015

4 Tahun berdiri, Rakuten Belanja Online gelar Rakuten Expo 2015

Techno.id - Empat tahun sudah, Rakuten Belanja Online (RBO), perusahaan layanan internet terbesar di dunia, meramaikan pasar e-commerce Indonesia. Untuk memperingati hari ulang tahunnya tersebut, RBO mengadakan Rakuten Expo 2015 dengan tema Beyond.

Pihak penyelenggara mengungkapkan bahwa pagelaran ini akan menjadi ajang bagi RBO untuk menunjukkan semakin kuat dan solidnya posisi Rakuten di pasar e-commerce Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan 3 digit yang stabil, terciptanya inovasi baru untuk sistem pembayaran, dan upaya berkelanjutan untuk membawa mikro bisnis di Indonesia ke pasar e-commerce melalui program MicroB.

Yasunobu Hashimoto, Direktur Rakuten Belanja Online, mengatakan, Rakuten EXPO 2015 dan perayaan HUTnya yang ke-4 merupakan bukti dari keberhasilan kami dalam menjaga pertumbuhan bisnis kami di Indonesia. Pertumbuhan 3 digit kami yang stabil didorong oleh pasar e-commerce yang semakin matang, di mana para pengguna internet di Indonesia telah mencapai jumlah lebih dari 80 juta orang sampai dengan akhir 2014 dibandingkan 40 juta lebih pada saat kami pertama kali meluncurkan bisnis kami 4 tahun yang lalu.

4 Tahun berdiri, Rakuten Belanja Online gelar Rakuten Expo 2015 Ki-ka;Yasunobu Hashimoto,Director Rakuten Belanja OnlineMasatada Kobayashi;Co-Founder Rakuten, Managing Director & CEO Rakuten Asia Pte. Ltd;Masaya UenoDirector Rakuten Asia & Country Head of Rakuten Indonesia

Di tahun keempatnya, RBO telah mencatat pertumbuhan Penjualan Gross Produk pada bulan April mencapai +204,7 persen per tahunnya, jumlah order tumbuh menjadi +182,7 persen, jumlah pembeli baru tumbuh sekitar +243,2 persen, serta penjualan GMS mobile tumbuh +229,6 persen.

Komitmen RBO untuk memberdayakan ekonomi Indonesia melalui Program MicroB juga ditindaklanjuti dengan serial Seminar E-Commerce dengan sasaran para pelaku bisnis mikro di wilayah Indonesia, yang telah dimulai sejak September 2013. Sejauh ini, 1.000 mikro bisnis telah bergabung di RBO, dan Jakarta adalah wilayah dengan jumlah persentase terbesar, yakni 39,3 persen.

Untuk lebih memanjakan pelanggannya, RBO meluncurkan sistem pembayaran terbaru, yakni Indomaret Payment pada ajang Rakuten Expo 2015. Sistem pembayaran terbaru ini diklaim lebih memudahkan pengguna. Pasalnya, pengguna bakal menerima email dengan kode untuk Indomaret Payment. Kode itu nantinya akan menjadi bukti pembayaran ketika Anda sedang melakukan transaksi pembelian dan bisa langsung membayarnya di gerai Indomaret terdekat.

Selain itu, di Rakuten Expo 2015, Masatada Kobayashi, CEO Rakuten Asia Pte. Ltd, juga akanmemberikan Penghargaan Shop of the Year (SOY) bagi 10 merchant terbaik dari 8 kategori.Kategori ini termasuk Penghargaan Grand Prix, Penghargaan Best in Electronics,Penghargaan Best in Fashion, Penghargaan Best in Food, Penghargaan Best in Hobby,Penghargaan Best in Home Life, Penghargaan Best in Newcomer dan Penghargaan Best inOmotenashi. Pemenang pertama Penghargaan Grand Prix berhak untuk mengikuti SOYTrip sebuah acara networking yang didedikasikan untuk merchant terbaik Rakuten - diAmerika Serikat.Penghargaan SOY dirancang untuk memberikan penghargaan atas keberhasilan merchantdalam mengelola bisnis mereka di Rakuten sepanjang tahun.

(brl/red)