3 kota tujuan favorit traveler di Indonesia

3 kota tujuan favorit traveler di Indonesia

Techno.id - Traveling sekarang kian ngetren di tengah masyarakat Indonesia untuk menghabiskan liburan maupun masa pensiun. Promosi wisata yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan semakin banyaknya obyek wisata yang menarik jadi faktor penyebab tren traveling mengalami peningkatan

Kehadiran layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online, serta harga murah dan diskon yang ditawarkan oleh maskapai maupun hotel ikut berperan meningkatkan minat masyarakat untuk lebih getol melakukan traveling.

Soal urusan traveling, ternyata orang Indonesia masih lebih banyak memilih wisata di kota besar. Berdasarkan riset yang dilakukan layanan travel online, Pegipegi.com ada tiga kota tujuan yang paling banyak dipesan selama periode tersebut, yaitu Jakarta, Bandung, dan Bali.

Riset soal destinasi wisata domestik yang dilakukan Pegipegi.com berdasarkan jumlah pemesanan yang terjadi pada periode 2012 2015 mengenai destinasi domestik yang paling banyak dipesan. Riset itu menunjukkan tren pemesanan terus berubah setiap tahunnya.

Pada 2012, pengguna pegipegi.com paling banyak memesan untuk tujuan Jakarta. Sementara pada 2013, Bandung menjadi destinasi favoritmencapai 30 persen dari total pemesanan. Di tahun berikutnya, traveling pun semakin menjadi gaya hidup.

Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya pemesanan di pegipegi.com untuk destinasi Jakarta, Bandung, dan Bali, mencapai 78 persen. Namun pada 2015, pemesanan paling banyak justru untuk destinasi Jakarta. Uniknya, sebanyak 36% pemesanan ini terjadi pada libur akhir tahun, di mana umumnya warga Jakarta menghabiskan masa liburan dengan berlibur ke luar kota.

Besarnya potensi wisata di Indonesia menjadi alasan semakin meningkatnya wisata untuk destinasi domestik. Seluruh pesona alam dan budaya terangkum menjadi satu, mulai dari wisata alam, bahari, budaya, hingga beragam festival-festival yang rutin digelar.

Banyaknya informasi dan referensi wisata serta kemudahan pesan kamar hotel dan tiket pesawat turut mendorong aktivitas traveling semakin diminati. Tentu saja semuanya menjadi daya tarik bagi pecinta traveling domestik dan internasional.

"Sebagai perusahaan online travel agent, kami tidak hanya memberikan layanan pemesanan online hotel dan tiket pesawat. Kami juga memiliki tujuan untuk mengembangkan sektor pariwisata tanah air. Untuk itulah, kami berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan yang berkualitas kepada pecinta traveling di Indonesia, ujar Deputi CEO Pegipegi.com, Ryan Kartawidjaja.

(brl/red)