200 Technpreneur butuh USD6-7 juta tiap tahunnya

200 Technpreneur butuh USD6-7 juta tiap tahunnya

Techno.id - Dilansir oleh Merdeka.com (23/01/16), Pemerintah memiliki program untuk memunculkan 200 technopreneur baru setiap tahunnya selama tahun 2020. Praktis, pada tahun 2020, ada sekitar 1000 technopreneur yang bakal muncul meramaikan jagad digital tanah air.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan untuk membiayai munculnya technopreneur sesuai target yang direncanakan dibutuhkan dana sekitar USD6-7 juta setiap tahunnya.

Dana tersebut nantinya berasal dari berbagai pihak, termasuk pemerintah.

"Nanti juga pemerintah bakal ikutan tapi berapa besarnya, saya belum tahu. Mumpung ada perubahan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) nanti. Manfaatin ini. Terus dari temen-temen private sector saya undang. Termasuk e-commerce yang udah mapan. Iya dong. Karena kita lihat ini sebagai kepentingan nasional bukan kepentingan sektor," ujarnya dikutip dari Merdeka.com.

Menkominfo memang saat ini dikenal getol dan memiliki banyak inisiatif untuk menggenjot tumbuhnya technopreneur di Indonesia terlebih di sektor e-commerce.

"Kita bisa mencapai sepuluh kali lipat dari e-commerce kalau kita mengikuti rujukan dari road map e-commerce sesuai kategori baik UKM, Startup, dan Established. Nantinya pada 2020, e-commerce kita bisa capai USD 130 miliar kalau merujuk dari tahun lalu sekitar USD 12 miliar," ujarnya.

Untuk mewujudkan 1000 technopreneur itu, Menkominfo menunjuk pihak-pihak yang memiliki kredibilitas dalam soal pengembangan technopreneur. Sebut saja Yansen Kamto, Chief Executive Kibar. Dia mengatakan telah memiliki serangkaian cara dengan dimulai dari ide hingga tahap final.

(brl/red)