YouTube manjakan mata dengan live streaming video 60fps

YouTube manjakan mata dengan live streaming video 60fps

Techno.id - Sudah sejak lama, YouTube meluncurkan fitur pemutaran video High-Definition (HD) yang mampu berjalan pada frame rate 60 frame per detik (fps). Namun, baru kemarin YouTube mengumumkan jika portal berbagi videonya bisa digunakan untuk live streaming 60fps. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa menyiarkan tayangan video online mereka secara real-time.

Agar dukungan 60fps berjalan optimal, pengguna diwajibkan menggunakan browser yang kompatibel dengan HTML5. Selain itu, pengguna juga harus mengatur resolusi playback video di YouTube menjadi 720p60 (HD) atau 1080p60 (Full HD). Jika, koneksi internet pengguna tidak stabil atau perangkat tidak mampu menangani tingkat frame yang lebih tinggi, maka YouTube akan menurunkan kualitas frame rate-nya menjadi 30fps.

Tak hanya itu, rencananya YouTube juga akan meluncurkan pemutaran video HTML5 yang memungkinkan pengguna dapat memainkan kembali video live streaming dua kali lipat lebih cepat untuk mengejar broadcast, seperti dikutip dari Engadget (21/5/15).

Situs berbagi video terbesar ini telah bekerja sama dengan punggawa game ternama, Elgato dan XSplit untuk menayangkan gameplay-nya di YouTube. Hal ini juga turut memastikan bahwa produk seperti Elgato Game Capture, XSplit Broadcaster dan XSplit Gamecaster akan terus berlanjut di YouTube.

(brl/red)