Twitter mulai gencar peringatkan pengguna soal serangan cyber

Twitter mulai gencar peringatkan pengguna soal serangan cyber

Techno.id - Twitter dilaporkan mulai gencar memperingatkan pengguna terkait makin maraknya serangan cyber oleh sekelompok hacker yang disponsori pemerintahan sebuah negara. Jejaring sosial besutan Jack Dorsey tersebut dilaporkan mulai mengirim pesan peringatan singkat melalui email supaya tweeps atau pengguna Twitter lebih waspada terhadap serangan cyber yang kini kian marak di beberapa negara tersebut.

Seperti dilansir oleh Softpedia (13/12/15), dalam pesan singkatnya, tim keamanan dari Twitter menyarankan tweeps untuk lebih berhati-hati saat mengakses Twitter. Bahkan, tim keamanan Twitter menganjurkan pengguna untuk memakai Tor, browser terenkripsi yang dilaporkan paling aman di dunia untuk melakukan kegiatan berselancar di dunia maya termasuk mengakses Twitter.

Dalam pesan singkat tersebut, pihak Twitter juga mengungkapkan bahwa mereka sedang dalam tahap penyelidikan terhadap serangan yang kerap menyasar pengguna Twitter dengan profesi aktivis, peneliti keamanan, atau profesi lainnya yang ideologinya berseberangan dengan pemerintah di negara tersebut.

Menariknya, tak semua tweeps memang mendapat email peringatan ini. Dilaporkan hanya orang-orang yang terindikasi terkena serangan cyber saja dan tinggal di negara-negara tertentu seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Rusia, dan sebagian kecil negara di Timur Tengah serta Afrika Selatan yang akan menerima pesan ini, Negara-negara tersebut menurut Twitter adalah negara yang pemerintahnya paling sering melakukan serangan cyber ke warga yang terindikasi ideologinya berseberangan dengan pemerintahan.

(brl/red)