Twitter catat ada 450 ribu lebih tweet berisi hashtag #Pilkada2015

Twitter catat ada 450 ribu lebih tweet berisi hashtag #Pilkada2015

Techno.id - November lalu, Twitter sudah meramaikan momen menuju pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 dengan merilis tagar dan emoji khusus. Jikalau tweeps mengirimkan tweet yang mengandung hashtag #Pilkada2015, maka Twitter secara otomatis akan membubuhi tweet itu dengan emoji jari kelingking yang sudah tercelup tinta layaknya seseorang yang usai 'bersuara' dari bilik pemilihan.

Ternyata, berdasarkan data resmi Twitter, penggunaan tagar #Pilkada2015 itu cukup populer, dengan jumlah tweet mencapai lebih dari 450 ribu dalam sebulan terakhir.

Menariknya, tweet itu tak cuma datang dari kota besar seperti Jakarta. Bahkan, pengguna Twitter di ibu kota malah bisa dibilang tak begitu antusias menggunakan tagar itu. Sebab, lima daerah dengan jumlah tweet #Pilkada2015 terbanyak versi Twitter adalah Surabaya, Medan, Depok, Bandar Lampung, dan Tangerang Selatan.

Teguh Wicaksono, Partnerships Manager Twitter Indonesia, menyatakan bahwa proporsi sentimen positif soal #Pilkada2015 juga lebih tinggi daripada yang bernada negatif. "Hal ini menunjukan, bahwa pengguna Twitter telah menggunakan media sosial sebagai wadah diskusi positif pada momentum #Pilkada2015," ungkapnya seperti dikutip dari blog resmi Twitter Indonesia (04/12/15).

Pilkada 2015 sendiri bakal dilaksanakan pada 9 Desember mendatang. Pesta demokrasi tahun ini bakal digelar secara serentak se-Indonesia dengan lebih dari 200 titik pemungutan suara.

(brl/red)