Situs resmi Pemkot Sukabumi sedang diserang hacker

Situs resmi Pemkot Sukabumi sedang diserang hacker

Techno.id - Situs resmi pemerintahan kota Sukabumi tampak berbeda dari biasanya. Ya, saat ini situs www.sukabumikota.go.id sedang diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab (hacker). Akibatnya, kinerja online dari Pemkot Sukabumi tidak berjalan dengan baik.

Jika Anda membuka website tersebut, Anda akan mendapati tampilan hitam bertuliskan Black Hat "We are the men in black", yang diduga merupakan nama samaran hacker tersebut. Belum diketahui tujuan dari peretasan yang merusak situs resmi Pemkot Sukabumi. Namun, hingga saat ini Anda dapat melihat gambar orang bertopi hitam pada website resmi Pemkot Sukabumi sambil diiringi musik berjudul "see you again". Selain itu, juga terdapat email atas nama katonz@ymail.com yang merupakan kontak dari sang hacker.

"Kami belum mengetahui apa tujuan hacker merusak situs resmi Pemkot Sukabumi, saat ini tim informatika dan teknologi (IT) tengah melakukan perbaikan," kata Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, seperti yang disadur dari AntaraNews (10/04/2015).

Kasus peretasan ini diduga masih ada kaitannya dengan ditolaknya orang yang menawari jasa proteksi website Pemkot Sukabumi.

"Mungkin ada orang yang iseng dan ingin memberi tahu serta menjual jasa ke kami untuk proteksi website resmi tersebut, tapi kami tolak karena sudah memiliki tim IT," tambahnya.

Walaupun peretasan ini tidak terlalu serius, seperti merusak atau menutup situs resmi Pemkot Sukabumi, tetapi ini tetap dapat dikatakan pelanggaran hukum. Apabila pelakunya tertangkap, ada kemungkinan dia akan langsung diadili di meja hijau.

Ternyata ini bukan yang pertama kalinya situs resmi Pemkot Sukabumi bisa disusupi hacker. Sebelumnya, situs resmi ini juga pernah diserang hacker hingga tidak bisa dibuka dalam waktu yang lama. Namun, walau begitu Pemkot Sukabumi akan terus berusaha untuk memperbaiki sistem keamanan websitenya agar tidak mudah diretas lagi.

(brl/red)