Setelah Wikipedia, Reddit kini juga terapkan protokol HTTPS

Setelah Wikipedia, Reddit kini juga terapkan protokol HTTPS

Techno.id - Dalam rangka melindungi ratusan juta pengguna aktifnya, Wikimedia Foundation beberapa hari yang lalu mengumumkan bahwa pihaknya akan menggunakan protokol HTTPS di semua situsnya, termasuk Wikipedia.

Keputusan Wikimedia Foundation tersebut tampaknya cukup sukses membuat situs-situs besar lain berkeinginan untuk mengikuti jejaknya. Hal ini dapat dibuktikan dari situs media sosial Reddit yang mengumumkan bahwa mulai 29 Juni 2015 mendatang, lalu lintas melalui prokotol HTTP akan ditolak.

"Kami benar-benar menghargai privasi orang-orang yang percaya Reddit sebagai platform untuk komunikasi yang terbuka," ujar juru bicara Reddit Heather Wilson sebagaimana dikutip ArsTechnica (18/06/2015).

Per September 2014 lalu, situs media sosial yang didirikan oleh Steve Huffman dan Alexis Ohanian ini sebenarnya sudah membuka lalu lintas protokol HTTPS. Dibukanya HTTPS pada saat itu dikatakan untuk pengguna yang ingin mengubah beberapa informasi atau fitur 'sensitif' yang disediakan oleh Reddit.

Kebijakan beralihnya situs-situs besar ini ke lalu lintas protokol HTTPS diyakini atas insiden peretasan situs-situs milik pemerintah AS yang baru-baru ini terjadi. Sebut saja situs resmi Angkatan Darat AS.

Pasca kejadian tersebut, beberapa situs pemerintah AS kini mulai beralih ke protokol HTTPS seperti situs The White House Office of Management and Budget (OMB) sebagai standar lalu lintasnya.

(brl/red)