Portal video terbesar saat ini, Facebook atau YouTube?

Portal video terbesar saat ini, Facebook atau YouTube?

Techno.id - Di tahun 2015, Facebook boleh jadi kembali sukses dalam menyita perhatian publik. Bagaimana tidak, situs yang semula dikenal sebagai media sosial pencari teman itu, kini justru bertransformasi menjadi situs portal video raksasa.

Berdasarkan laporan infografis terbaru yang dirilis oleh SocialMediaToday (25/09), situs yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu setidaknya telah memutar video sebanyak empat miliar kali setiap harinya. Pertanyaannya, apakah YouTube kalah?

Dari hasil penelitian terbaru, ternyata YouTube masih lebih unggul ketimbang Facebook. Sebagaimana dikutip dari VentureBeat (02/10), YouTube bahkan masih lebih besar delapan kali dengan Facebook (rasio 8:1) dengan tolak ukur secara global.

Menurut penelitian yang diunggah oleh SimilarWeb, perbedaan hingga 11 kali itu adalah durasi pengguna dalam menikmati video baik melalui aplikasi atau web. Adapun pihaknya mengklaim jika data ini didapat dari lebih dari 100 juta perangkat.

Secara global, laporan SimilarWeb mengungkapkan jika dalam setiap harinya, pengguna YouTube di seluruh dunia telah menghabiskan hampir 46.000 tahun untuk memutar video. Sedangkan Facebook jauh lebih kecil, yakni hanya 5626 tahun.

Selain itu, durasi pengguna dalam menikmati video juga dijadikan tolak ukur hasil riset. Menurut SimilarWeb, pengguna YouTube menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton. Sedangkan pengguna Facebook lebih pendek karena juga dibarengi dengan bersosialisasi

(brl/red)