Kota ini memamerkan aksi heroik polisinya di YouTube

Kota ini memamerkan aksi heroik polisinya di YouTube

Techno.id - Keberadaan polisi memang begitu penting bagi masyarakat. Polisi berperan melindungi warganya dari pelaku kejahatan yang berkeliaran. Seperti kejahatan begal motor yang baru-baru ini sangat meresahkan masyarakat. Penduduk Indonesia menjadi ketakutan, khususnya kota metropolitan yang sering terjadi kejahatan dan telah merenggut banyak nyawa. Seharusnya setiap tindakan polisi dalam menangkap penjahat itu ditayangkan di internet agar penjahat menjadi takut melancarkan aksinya.

Seperti sebuah kota bernama Seattle di Amerika Serikat, yang baru saja meluncurkan saluran khusus penangkapan penjahat melalui YouTube. Polisi di Seattle menggunakan kamera perekam yang disematkan di tubuh, gunanya untuk merekam langsung penangkapan tersangka. Kamera tersebut juga memiliki fitur untuk memburamkan tersangka. Hal ini bertujuan untuk menyembunyikan identitas orang yang tertangkap di TKP. Video tentang penangkapan tindak kriminal tersebut diunggah ke Youtube oleh pihak kepolisian melalui akun 'SPD BodyWornVideo', seperti yang dikutip dari TheVerge.

Dengan kamera yang disematkan di bodi ini diharapkan mampu merekam segala tindak kriminalitas secara langsung. Selain itu, kamera tersebut dapat dijadikan sebagai barang bukti suatu kejahatan. Dengan begitu, semua orang akan waspada dengan kemungkinan adanya kriminalitas di sekitarnya.

Walaupun polisi menggunakan kamera yang kecil dan menghabiskan anggaran yang cukup besar, yang penting metode ini dapat membantu dalam mengamankan semua warga. Bila kejahatan semakin ditekan oleh pihak kepolisian maka lama-kelamaan kejahatan akan berkurang. Masyarakat juga menjadi tenang dalam beraktivitas dan tidak lagi mengeluhkan tindak kriminal.

(brl/red)