Kicauan terpopuler Indonesia di sepanjang 2015

Kicauan terpopuler Indonesia di sepanjang 2015

Techno.id - Di sepanjang tahun 2015, Twitter masih menjadi salah satu media sosial terfavorit di Indonesia. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, media sosial berlogo burung biru itu pun tak lupa mencatat semua sejarah yang terjadi di Tanah Air.

Lalu, apa saja yang terjadi dengan Twitter Indonesia di sepanjang tahun ini? Berikut cakupan yang telah direkam Twitter Indonesia sebagaimana dikutip dari blog resmi Twitter (07/12) bertajuk "#YearOnTwitter 2015".

Tahun ini, gelar Golden Tweet Indonesia diraih presenter Raffi Ahmad. Kicauan suami Nagita Slavina itu terkait kematian sahabat terdekatnya, Olga Syahputra, mendapat retweet 44.000 kali dengan tweet impression mencapai angka tiga jutaan.

Untuk momen spesial di sepanjang 2015, Bulan Suci Ramadan menjadi yang terfavorit di Indonesia dan bahkan dunia. Tweet impression terkait Hari Raya umat Islam ini mencapai lebih dari 8,4 miliar dan 20 persennya berasal dari Indonesia.

Dari kategori peristiwa, musibah kabut asap yang melanda Sumatera dan Kalimantan menjadi yang terpopuler di sepanjang tahun ini. Isu terkait hal ini pun telah memperoleh tweet yang mencapai dua jutaan dengan tagar beragam.

Dari sisi Olahraga & Hiburan, kompetisi Piala Presiden yang diadakan oleh Kemenpora menjadi yang terfavorit di sepanjang 2015. Pertandingan final antara Sriwijaya FC dan Persib Bandung pun menjadi puncaknya dengan lebih dari 1,3 juta kicauan.

Meninggalnya presenter sekaligus komedian Olga Syahputra beberapa waktu yang lalu telah menarik perhatian netizen di seluruh Tanah Air. Kala itu, berita ini berhasil membuat 730.000 kicauan dengan tagar #RipOlgaSyahputra.

Berita seputar kriminalisasi pimpinan KPK, Bambang Widjojanto telah berhasil membuat tagar #SaveKPK sebagai salah satu yang terpopuler di sepanjang 2015. Twitter pun berhasil mencatat peristiwa ini dengan 600.000 kicauan dan impresi sebesar sembilan jutaan dalam kurun waktu satu hari saja.

(brl/red)