Ingin dapat banyak Like? Posting status Facebook pada jam berikut ini

Ingin dapat banyak Like? Posting status Facebook pada jam berikut ini

Techno.id - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lithium Technologies di San Fransisco, Amerika,baru-baru ini merilis sebuah temuan mengenai jam yang tepat untuk memposting status di Facebook. Menurut penelitian tersebut, selama jam kerja dan setelah jam kerja adalah waktu yang tepat untuk memposting status, karena bisa dipastikan postingan status Anda akan di-Like oleh pengguna lainnya.

Seperti dilansir oleh NDTV (4/7/15), banyak orang cenderung akan mengakses Facebook ketika hari aktif bekerja (senin hingga jumat). Sementara ketika akhir pekan, banyak orang cenderung lebih fokus dengan liburannya ketimbang mau meluangkan waktu untuk mengakses media sosial, terutama Facebook.

Pada penelitian tersebut, dilaporkan juga bahwa warga di kota-kota besar Amerika, seperti New York dan San Fransisco lebih suka mengakses Facebook pada awal jam kerja. Di Paris, jam aktif mengakses dan berinteraksi di Facebook terjadi pada tengah hari, sedangkan di London, sebagian aktivitas Facebook banyak terjadi di akhir jam kerja.

Berdasar data hasil survei tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa jika Anda ingin mendapat Like atau tanggapan yang cepat dari pengguna, maka Facebook bukanlah 'tempat' yang tepat. Pasalnya kebanyakan pengguna Facebook memakan waktu sampai dua jam untuk memberikan tanggapan dari waktu postingan Anda. Berbeda dengan pengguna Twitter yang cepat memberikan tanggapan atas kicauan atau update-an status yakni hanya setengah jam dari waktu postingan Anda.

Kendati demikian, tim peneliti menjelaskan hasil survei yang dilakukannya ini memang tak bisa digeneralisasikan. Menurut tim Lithium Technologies, perbedaan hasil bisa terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti pola perilaku sehari-hari dan mingguan, lokasi atau zona waktu, dan banyaknya postingan status yang muncul bersamaan dengan status yang Anda posting.

(brl/red)