Facebook mulai berlakukan verifikasi untuk bisnis lokal

Facebook mulai berlakukan verifikasi untuk bisnis lokal

Techno.id - Selama ini, baik Facebook maupun Twitter pada dasarnya hanya menyediakan layanan verifikasi untuk sebuah brand atau publik figur yang memang sudah dikenal secara luas. Praktis, kebijakan ini menjadi tidak menguntungkan bagi beberapa pihak, khususnya para pelaku bisnis kecil dan menengah (UKM).

Kabar gembiranya, hari ini Facebook mengumumkan bahwa pihaknya tengah melakukan uji coba verifikasi baru berupa badge berwarna abu-abu yang ditujukan khusus untuk Page para pelaku bisnis lokal. Sedangkan untuk brand atau publik figur, sebagai pembeda, akan tetap menggunakan verifikasi badge berwarna biru.

Facebook mulai berlakukan verifikasi untuk bisnis lokal

Perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu mengatakan, ini adalah pertama kalinya Facebook memberikan verifikasi untuk Page resmi dari bisnis lokal. Tujuannya cukup jelas, yakni sebagai representasi otentik sekaligus mempermudah pengguna dalam mencari dan mendeteksi Page yang bisnis lokal yang memang tengah dicari.

"Kami memperluas program Verifikasi Pages untuk melibatkan bisnis lokal untuk yang pertama kalinya," ujar Product Marketing Manager for Facebook Pages, Kirsten Bury sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima tim Techno.id, Selasa (13/10).

"Kini, bisnis lokal di Indonesia dapat menambahkan badge (tanda centang) pada Page mereka untuk memberi tahu kepada pengguna bahwa mereka sedang mengunjungi halaman resmi mereka di Facebook," imbuhnya.

Dikatakan, verifikasi badge untuk Page bisnis lokal saat ini sudah diterapkan di beberapa negara termasuk Indonesia. Jika sesuai rencana, fitur verifikasi ini nantinya akan diperluas secara global dalam beberapa bulan mendatang. Adapun cara mengaktifkannya dapat dilihat melalui tautan resmi Facebook Help Center.

(brl/red)