Cari jodoh di internet tapi belum laku? Mungkin 'nama' Anda salah!

Cari jodoh di internet tapi belum laku? Mungkin 'nama' Anda salah!

Techno.id - Di balik fungsinya yang sangat beragam, akhir-akhir ini internet kerap dijadikan ladang untuk mencari jodoh. Hal itu sebenarnya sah-sah saja, mengingat esensi utama dari internet ialah kemudahan komunikasi, alias mendekatkan orang yang nun jauh di sana atau mendekatkan orang di sekitar yang belum Anda kenal. Nah, jika Anda termasuk seorang pelaku - atau yang baru ingin menjajaki - online dating, lebih baik pertimbangkan untuk memakai username yang tepat.

Dr. Sameer Chaudhry dan Khalid Khan berhasil menarik kesimpulan penting soal hubungan pemilihan nama dan ketertarikan lawan jenis. Mereka berargumen bahwa username yang diawali huruf A hingga M mendapatkan respons yang lebih baik daripada mereka yang memiliki username berawalan abjad N sampai Z. Bahkan, faktor pemilihan huruf awal nama pengguna ini dinilai sama krusialnya dengan pemilihan foto yang menarik.

Meski kedua peneliti itu belum mendapatkan motif yang paling akurat dari hasil tersebut, tetapi mereka menawarkan beberapa spekulasi. Yang pertama dan paling logis ialah karena nama dengan alfabet awal kerap muncul lebih dahulu saat sistem mengurutkan user berdasarkan alfabet. Hal ini jelas meningkatkan probabilitas username itu untuk diklik. Sedangkan alasan lainnya - dan kurang logis - ialah karena nama yang diawali alfabet awal dinilai memiliki jenjang edukasi dan pendapatan yang tinggi.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk memilih nama yang memiliki arti positif. Kata yang menunjukkan konotasi menyenangkan dan kegembiraan, seperti "Fun2BeWith", lebih seksi ketimbang yang mencantumkan kata atau frasa berkonotasi negatif. Juga, jika Anda ingin menarik perhatian pria dengan mudah, eksploitasi saja kata sifat yang lebih menjurus pada tampilan fisik, misalnya "Cutie". Di sisi lain, riset yang diterbitkan di dalam jurnal Evidence Based Medicine itu juga menunjukkan kalau wanita lebih tertarik pada username yang menonjolkan sisi kecerdasan, contohnya "Cultured".

Apabila Anda ingin menguji sendiri hasil dari penelitian yang dilaporkan oleh LiveScience (12/2/15) ini, silakan mencoba dan ceritakan pengalaman Anda pada kami di kolom komentar.

(brl/red)