Cara kreatif Facebook halau gerakan dan konten radikal

Cara kreatif Facebook halau gerakan dan konten radikal

Techno.id - ISIS dikenal mahir dalam memanfaatkan media sosial untuk merekrut anggota baru. Selaku media sosial terbesar di dunia, tak heran rasanya jika Facebook pun patut berwaspada dengan kelompok teror tersebut.

Ya, situs besutan Mark Zuckerberg itu ternyata mempunyai langkah kreatif dalam membendung berbagai konten radikal. Mengutip laman Wall Street Journal (11/02), yaitu dengan 'pidato balasan' atau counter speech.

Secara garis besar, counter speech adalah pesan-pesan yang berbau positif (khususnya lawan kata dari radikalisme). Yang perlu diketahui, perlawanan ini bukanlah sekadar lisan saja, melainkan juga berupa tindakan.

Sebagai contoh, tahun lalu Facebook mengizinkan seorang mantan anggota ISIS membuat akun palsu untuk berkomunikasi dengan mantan rekan-rekannya. Facebook mengklaim, cara ini sangat efektif di percakapan jangka panjang.

Di beberapa kasus, Facebook juga mengajak para mahasiswa membuat pesan-pesan positif (counter speech) untuk melawan para eksrimis. Facebook bahkan menawarkan kredit iklan senilai USD 200 hingga 1.000 sebagai balasan.

(brl/red)