Awal Oktober besok, Twitter resmi beralih ke HTTPS

Awal Oktober besok, Twitter resmi beralih ke HTTPS

Techno.id - Per 1 Oktober 2015 besok, Twitter dilaporkan akan mulai mengadopsi format link yang jauh lebih aman. Jika sesuai rencana, format link pendek media sosial berlogo burung biru itu, t.co, akan mengubah skema url ke https.

Sebagaimana dikutip dari VentureBeat (17/09), sebagai pengaplikasiannya, link pendek t.co sendiri nantinya juga akan bertambah satu karakter. Praktis, pengembang aplikasi pihak ketiga juga harus memperbarui jumlah karakter Twitter yang akan berubah.

Adapun saran ini diutarakan langsung oleh Niall Kennedy, Twitter Developer Advocate melalui forum resmi Twitter. Dalam postingannya, ia menyarankan agar coding aplikasi (third-party) telah diperbarui dalam beberapa minggu ke depan.

Dengan skema link baru ini, menurutnya, Twitter akan mengalami penurunan trafik hingga 10 persen. Pasalnya, pengguna Twitter akan butuh adaptasi dengan format baru ini. Selain itu, semua kicauan dan tautan yang mengarah ke Twitter akan mengalami 'broken link'.

Niall juga tidak merinci soal kicauan dan tautan yang sudah terlanjur menggunakan format link lama nantinya akan otomatis diarahkan (redirect) ke format baru atau tidak. Namun, ia yakin jika trafik Twitter akan kembali normal saat pengembang telah memperbarui produk untuk mengikuti kebijakan baru Twitter ini.

Twitter sendiri sejauh ini sudah beberapa kali melakukan perubahan format link pendek t.co miliknya. Tahun 2012, Twitter pernah memperluas karakter maksimum dari 20 ke 22 untuk link non-https dan dari 21 ke 23 untuk link https. Yang membedakan, kali ini semua link akan beralih ke https dengan jumlah karakter maksimum sebanyak 23.

(brl/red)