8 Fakta 'terselubung' mengenai Facebook

8 Fakta 'terselubung' mengenai Facebook

Techno.id - Hampir 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia aktif mengakses jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg, Facebook, setiap bulannya. Jejaring sosial dengan dominasi warna biru tersebut memang banyak digunakan baik oleh kalangan anak-anak, pemuda, maupun orang tua di hampir seluruh belahan dunia.

Anda mungkin adalah salah satu dari miliaran orang yang rajin mengakses jejaring sosial tersebut, entah untuk mencari berita, mengamati kegiatan orang-orang yang Anda kenal, atau bahkan mencari jodoh. Meski Anda sering atau rajin mengakses Facebook, tapi tahukah Anda ternyata jejaring sosial ini ternyata menyimpan fakta-fakta menarik yang selama ini belum banyak diketahui.

Dikutip dari Business Insider (23/5/15), berikut adalah daftar fakta menarik seputar Facebook yang selama ini belum Anda dan kebanyakan orang ketahui berdasarkan survei yang dilakukan oleh perusahaan pemasaran Amerika, Wishpond.

1. Facebook masih digemari hingga saat ini

Kendati saat ini jejaring sosial banyak bermunculan setiap harinya, ternyata dominasi pengguna Facebook di usia muda masih cukup banyak. Tercatat 87 persen pelajar SMA angkatan 2014 masih aktif menggunakan Facebook. Bahkan, 70 persen pengguna di usia remaja tersebut juga berteman dengan orang tua mereka di Facebook.

2. Facebook bukanlah jejaring sosial yang aman bagi para gadis

Sebagai situs media sosial paling populer di seluruh dunia, ternyata Facebook menjadi tempat yang kurang aman bagi para gadis muda. Tercatat 66 persen gadis-gadis remaja mengaku menerima bullying atau tindakan intimidasi di jejaring sosial yang diluncurkan sejak Februari 2004 tersebut.

3. Banyak orang yang telah menikah enggan mempertontonkan status mereka di Facebook

Sejak pertama kali muncul pada Februari 2004, tercatat sudah 225 persen pengguna mengubah status hubungan mereka di Facebook. Namun, ternyata tak semua orang senang melakukan hal tersebut. Nyatanya 28 persen pasangan yang telah menikah, enggan mempertontonkan status pernikahan mereka di Facebook.

4. Banyak pekerja menggunakan Facebook saat jam kerja

Kebanyakan perusahaan di Amerika mengeluarkan kebijakan yang ketat mengenai akses jejaring sosial Facebook selama bekerja. Bahkan, tercatat 19,4 persen pekerja di Amerika tidak dapat mengakses Facebook di tempat kerja. Namun disaat yang sama, hampir 30 persen orang Amerika justru menggunakan Facebook selama bekerja.

5. The Simpsons adalah program TV dengan penggemar terbanyak di Facebook

Tercatat program TV The Simpsons adalah program televisi dengan penggemar terbanyak di Facebook. Sebanyak 69,6 juta pengguna Facebook menyukai fans page dari program televisi tersebut. Angka ini mengalahkan jumlah yang mampu dikumpulkan oleh program televisi lainnya, seperti Mr Bean dan Spongebob Squarepants.

6. Shakira adalah musisi paling populer di Facebook

Dengan lebih dari 100 juta fans, Shakira adalah musisi paling populer di Facebook. Disusul setelah itu adalah Eminem dengan jumlah penggemar 91 juta dan Rihanna dengan jumlah penggemar mencapai 81 juta.

7. Kanada adalah negara dengan pengguna Facebook teraktif di dunia

Kanada dinobatkan sebagai negara dengan pengguna Facebook yang paling aktif di dunia. Tercatat sekitar 157 juta pengguna tampak aktif mengakses Facebook setiap harinya.

8. Benua Asia memiliki pengguna aktif harian paling banyak di dunia

Kendati Tiongkok dengan jumlah populasi penduduk terbesar di wilayah Asia melarang penduduknya untuk menggunakan Facebook, justru pengguna harian Facebook di wilayah Asia adalah yang paling banyak di dunia. Tercatat ada 253 juta pengguna aktif harian di seluruh wilayah Asia.

(brl/red)