CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 24 April 2016 19:00

1 Juta orang akses Facebook dari jaringan rahasia

Jumlah itu meningkat 100 persen dalam 10 bulan terakhir.

1 Juta orang akses Facebook dari jaringan rahasia

Techno.id - Dengan pengguna lebih dari 1,4 miliar, Anda tak bisa berharap semua pengakses Facebook adalah netizen awam. Faktanya, ada lebih dari 1 juta orang per bulannya yang login ke media sosial terpopuler dunia itu lewat Tor (The Onion Router). Jaringan inilah yang dapat menyembunyikan IP pengakses internet dan menjaganya tetap rahasia.

Menurut Facebook (22/04/16), jumlah ini telah tumbuh 100 persen dalam 10 bulan. Sebelumnya pada Juni 2015, Facebook mencatat kunjungan dari Tor masih berkisar 525 ribu.

Perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu sebenarnya tak melarang penggunanya menggunakan Tor. Bahkan malah menyediakan jalur khusus di Tor. Awal tahun ini, pengguna Android sudah bisa menelusuri Facebook lewat Tor dengan bantuan Orbot. Sebelumnya, akses lewat browser Tor di PC juga telah dibuka.

Fitur ini sendiri gunanya beragam, seperti menghindari blokade yang diberlakukan pemerintah suatu negara hingga melindungi diri dari hacker. Singkatnya, akses lewat Tor bisa menjanjikan keamanan dan kenyamanan. Walau tak bisa dipungkiri, Tor kerap dimanfaatkan untuk hal-hal yang melawan hukum.

WHAT TO READ NEXT ?