CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 1 Juni 2016 17:00

Waspada, bermain gadget sebelum tidur ternyata berbahaya!

Ini dampak negatif ketika bermain gadget sebelum tidur

Waspada, bermain gadget sebelum tidur ternyata berbahaya!

Techno.id - Sebagaimana diketahui, penemuan yang disertai dengan perkembangan gadget yang pesat telah mengubah peradaban manusia modern di seluruh penjuru dunia. Namun yang menjadi perdebatan, apakah dengan gadget, hidup manusia semakin dibuat sederhana atau justru semakin menimbulkan kekacauan?

Faktanya, teknologi gadget terus berkembang dengan pesat dan telah membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Namun bagaimanapun juga, tubuh manusia akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan segala bentuk perubahan teknologi, tak terkecuali dengan gadget. Hasilnya, manusia boleh dibilang gagal dalam beradaptasi. Mengapa?

Gadget memang juga dapat berfungsi sebagai hiburan. Akan tetapi, tanpa disadari manusia juga akan selalu disibukkan untuk mempelajari dan mengikuti perkembangan teknologi gadget sepanjang waktu. Akibatnya, manusia hidup di dalam lingkaran waktu yang tak sehat. Sebut saja mengubah waktu malam menjadi waktu siang, dan sebaliknya.

Perubahan rutinitas waktu (siang dan malam) tersebut tentunya akan berdampak pada tubuh manusia, khususnya tingkat kandungan melatonin (hormon otak) pada manusia. Sebagaimana diketahui, tingkat kandungan melatonin yang rendah dapat menyebabkan manusia rentan terhadap segala jenis penyakit, termasuk kanker.

Melantonin sendiri akan memproduksi diri saat manusia tengah beristirahat atau tidur. Sehingga jika manusia konstan menatap cahaya buatan dari layar smartphone pada saat istirahat terbaring di tempat tidur, maka siklus tidur akan terganggu. Lebih jauh, sel-sel pencegah penyakit dari melatonin juga akan menurun.

Dengan begitu, menghindari gadget di saat manusia sedang beristirahat serta tidur di waktu yang tepat (malam hari) adalah jawaban yang paling tepat. Seperti dikutip PhoneRadar (11/06/2015), hindari kontak langsung dengan gadget Anda setengah jam sebelum tidur adalah solusi untuk menjaga keseimbangan seluruh organ tubuh di level yang baik.

WHAT TO READ NEXT ?