Waspada, 1 Miliar orang akan terganggu pendengarannya!

Waspada, 1 Miliar orang akan terganggu pendengarannya!

Techno.id - Jika Anda adalah salah satu orang yang sangat gemar mendengarkan musik dari perangkat mobile dengan earphone maka cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Terlebih lagi, jika volume yang digunakan terlalu keras. Seperti dilansir oleh Phone Arena (27/2/15), sebuah temuan oleh Organisasi Kesehatan Dunia PBB atau WHO menyatakan, lebih dari 1 miliar orang dengan rentang usia antara 12 tahun sampai 35 tahun berisiko menderita gangguan pendengaran karena mendengarkan musik dengan volume terlalu keras dari perangkat mobile mereka. Terlebih, jika Anda mendengarkan musik melalui earphone.

WHO menyatakan bahwa sistem pendengaran Anda akan mengalami gangguan saat terpapar kebisingan dengan intensitas hingga 85 desibel (satuan untuk mengukur intensitas suara) selama 8 jam atau 100 desibel dalam durasi lebih pendek yakni 15 menit. Bahkan kerusakan pendengaran akan Anda alami jika Anda mendengarkan alat musik vuvuzela (alat musik Afrika Selatan) yang menghasilkan intensitas suara 120 desibel selama 9 detik saja.

"Banyak orang, terlebih para pemuda belum menyadari bahwa mereka tidak bisa melakukan pengobatan apa pun saat pendengaran mereka telah hilang," jelas Shelly Chadha, spesialis pendengaran dari WHO.

Sistem pendengaran merupakan bagian paling riskan mengalami kerusakan dibandingkan bagian lain pada tubuh manusia. Oleh karena itu, WHO merekomendasikan Anda yang aktif mendengarkan musik melalui earphone untuk membatasi penggunaannya satu jam per hari. Selain itu, mengurangi volume saat mendengarkan musik dari earphone sangat dianjurkan supaya kesehatan pendengaran Anda tetap terjaga.

(brl/red)