Ternyata, perjalanan luar angkasa bisa buat kulit makin tipis!

Techno.id - Fakta mengejutkan baru saja ditemukan oleh sekelompok peneliti di Jerman. Menurut penelitian tersebut, astronot yang telah melakukan perjalanan luar angkasa rentan terkena penipisan kulit.

Seperti dilansir oleh CNET (21/7/15), astronot yang telah melakukan perjalanan luar angkasa memang akan mengalami banyak penyesuaian dengan iklim bumi setelah beberapa lama berada di ruang hampa udara, seperti kehilangan kepadatan tulang. Namun, menurut Profesor Karsten Koenig dari Fakultas Fisika dan Mechantronics di Departemen Biophotonics dan Laser Technology Saarland University, Jerman yang mengepalai penelitian ini, kasus penipisan kulit ini merupakan hal yang baru dan belum teridentifikasi sebelumnya.

Oleh karena itu, pihaknya dan NASA (badan antariksa Amerika) serta ESA (badan antariksa Eropa) bersepakat untuk melakukan penelitian dengan menggunakan teknologi laser ciptaannya. Penelitian pertama ini melibatkan tiga orang astronot yang baru saja kembali dari misi di Stasiun Antariksa Internasional. Lewat pengamatan mendalam menggunakan teknologi laser yang diklaim mampu mendeteksi jaringan kulit terdalam ini didapatlah kesimpulan bahwa setiap rata-rata enam bulan para astronot menghabiskan waktunya untuk perjalanan luar angkasa maka bisa dipastikan akan terjadi penipisan kulit hampir 20 persen.

Sayangnya, pihak peneliti belum mengetahui secara jelas, apa yang melatarbelakangi penipisan kulit ini. Namun, untuk sementara peneliti menduga bahwa penipisan kulit masih ada hubungannya dengan kasus hilangnya kepadatan tulang yang juga biasa dialami astronot ketika melakukan perjalanan luar angkasa.

Ke depannya, para peneliti akan melakukan pengamatan secara intensif terhadap para astronot yang telah melakukan perjalanan luar angkasa. Menurut mereka, jika mampu diketahui apa penyebab terjadinya penipisan kulit, kemungkinan besar mereka bisa menemukan pencegahan terhadap kasus ini, sehingga misi Mars di tahun 2030 yang membutuhkan waktu perjalanan selama kurang lebih 12 bulan tersebut, nanti bisa berjalan lancar.