Ternyata naik kendaraan umum bisa buat Anda lebih bahagia

Ternyata naik kendaraan umum bisa buat Anda lebih bahagia

Techno.id - Tak terbayangkan betapa stresnya Anda yang memilih mengendarai mobil pribadi saat jam-jam keberangkatan atau pulang kantor, terlebih bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar. Kemacetan memang 'musuh' serta penyebab stres bagi Anda yang memilih menggunakan kendaraan pribadi saat akan berangkat atau pulang dari kantor. Untuk itu, banyak kampanye menyuarakan supaya masyarakat menggunakan transportasi umum untuk berangkat atau pulang kantor.

Meski menggunakan kendaraan umum sangat repot dan berisiko, tetapi sebuah penelitian menemukan bahwa menggunakan kendaraan umum bisa membuat Anda jadi lebih bahagia. Seperti dilaporkan Business Insider (27/2/15), analisis yang dilakukan hampir 18 tahun kepada 18.000 penumpang ini menjelaskan, orang yang memilih menggunakan kendaraan pribadi terutama mobil untuk sampai ke kantor cenderung akan mengalami kecemasan lebih tinggi, kenaikan gula darah, peningkatan kolesterol, dan penurunan kepuasan hidup.

"Orang-orang yang banyak menghabiskan waktunya di belakang setir mobil, memiliki kecenderungan kesehatan jiwa yang lebih buruk," jelas Adam Martin dari University of East Anglia di Inggris yang melakukan penelitian ini bersama dengan Centre for Diet and Activity (CEDAR). Dalam penelitiannya, Martin menjelaskan bahwa orang yang naik kereta api, bus, atau kereta bawah tanah memiliki kesehatan mental lebih baik. Hal ini dikarenakan mereka cenderung akan lebih produktif melakukan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan saat mengemudi, seperti membalas email pekerjaan, menerima panggilan telepon, atau berkomunikasi dengan orang yang berada di sebelahnya.

Ternyata naik kendaraan umum bisa buat Anda lebih bahagia

Temuan ini tentunya sangat menarik, mengingat penggunaan kendaraan pribadi di seluruh dunia kian bertambah yang berakibat pada meningkatnya pencemaran udara dunia. Namun, jika temuan ini bisa diterapkan di Indonesia, nampaknya pemerintah harus meningkatkan kualitas dan ketersediaan angkutan umum yang sudah ada, supaya masyarakat lebih nyaman ketika memilih untuk menggunakan kendaraan umum saat berangkat atau pulang kantor.

(brl/red)