Ternyata cara kerja otak bisa pengaruhi gaya hidup seseorang

Ternyata cara kerja otak bisa pengaruhi gaya hidup seseorang

Techno.id - Sebuah penelitian yang digagas oleh ilmuwan asal University of Oxford baru-baru ini menemukan jika cara kerja otak dapat mempengaruhi gaya hidup seseorang. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Nature Neuroscience ini mengungkapkan bahwa cara otak bekerja dan terhubung antara satu sel dengan sel lainnya dapat menggambarkan bagaimana perilaku seseorang sehari-hari.

Penelitian yang dikepalai oleh Stephen Smith ini menemukan jika ada 200 daerah di otak manusia yang bekerja dan dapat mempengaruhi gaya hidup dan perilaku manusia sehari-hari. Menurut Smith jika ke-200 bagian otak tersebut terhubung dengan rapi, maka bisa dipastikan seseorang memiliki gaya hidup yang sehat dan perilaku yang baik. Namun, jika bagian-bagian tersebut nampak tak terhubung dengan rapi dan cenderung berantakan, maka bisa dipastikan seseorang memiliki gaya hidup yang kurang sehat seperti kerap mengonsumsi narkoba dan kurang tidur alias insomnia.

"Kami menemukan bahwa orang-orang dengan gaya hidup dan perilaku yang positif cenderung menunjukkan kinerja otak yang baik dan rapi, akan tetapi tidak begitu dengan mereka yang memiliki gaya hidup negatif," ujar Smith seperti dilansir oleh Softpedia (28/9/15).

Smith menambahkan jika korespondensi kuat yang terjadi antara koneksi otak dan gaya hidup maupun perilaku ini bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup yang cenderung buruk seperti merokok, mengonsumsi narkoba, atau pola makan sembarangan. Selain itu, Smith menganjurkan supaya banyak orang berpikir positif supaya dapat meningkatkan performa otak sehingga mempengaruhi gaya hidup dan perilaku menjadi lebih baik lagi.

(brl/red)