Terkuak, black hole adalah sebuah 'mesin' yang menghisap apapun

Terkuak, black hole adalah sebuah 'mesin' yang menghisap apapun

Techno.id - Black hole adalah sebuah misteri alam semesta. banyak yang mempertanyakan apa dan bagaimana sebenarnya sebuah black hole tersebut. Sebuah studi pun dilakukan dan akhirnya jawaban pun ditemukan.

Seperti yang telah diberitakan oleh Scientific American pada hari Kamis (03/12/15) lalu, misteri besar tersebut telah terjawab. Banyak yang bertanya, apa yang 'dikonsumsi' oleh black hole dan bagaimana cara kerjanya.

Setelah diteliti lebih jauh, black hole yang terletak di pusat galaksi Bima Sakti adalah sebuah vacuum cleaner. Ia adalah sebuah objek kosmik yang memiliki medan magnet sangat besar dan kuat. Medan magnetik itulah yang bisa menghisap apa saja yang berada di dekatnya.

Terkuak, black hole adalah sebuah 'mesin' yang menghisap apapun

Hal tersebut disebabkan oleh energi gravitasi dan radiasi medan megnetik yang mengelilinginya. Medan tersebut juga membuat black hole dikelilingi oleh pancaran cahaya warna warni yang sangat terang.

"Black hole memiliki gravitasi yang akan menelan apa saja yang berukuran lebih kecil darinya," ujar Shep Doeleman, kepala Event Horizon Telescope, sebuah proyek yang mengobservasi alam semesta beserta isinya.

Medan magnet yang mengelilingi black hole tersebut terpancar hingga jarak 4 juta tahun cahaya. Para peneliti juga menemukan bahwa di dalam black hole terdapat sebuah objek yang bergerak dengan sangat cepat sehingga membentuk medan yang dari kejauhan menciptakan piringan cahaya.

Teori tersebut telah menjawab banyak pertanyaan tentang apa dan bagaimana sebenarnya black hole. Meski demkian, penelitian akan terus dilanjutkan untuk mengungkap misteri alam tersebut.

(brl/red)