Tahun depan NASA bakal luncurkan CubeSats untuk misi Mars

Tahun depan NASA bakal luncurkan CubeSats untuk misi Mars

Techno.id - NASA resmi mengumumkan bahwa tahun 2016 nanti, mereka akan meluncurkan CubeSats bersamaan dengan misi pendaratan Insight di planet Mars. Seperti dilansir oleh Slashgear (12/6/15), perangkat yang dirancang oleh Jet Propulsion Laboratory tersebut bakal diterbangkan secara independen dari misi pendaratan Insight.

Nantinya CubeSats yang akan mengikuti misi di Mars ini akan disebut sebagai MarCO yang merupakan akronim dari Mars Cube One. Nantinya, MarCO akan diluncurkan menggunakan roket United Launch Alliance Atlas V pada bulan Maret 2016. MarCO akan mengemban misi untuk memeriksa "struktur interior" dari planet yang berjuluk Planet Merah itu. NASA menambahkan juga MarCO akan melakukan terbang lintas Mars untuk memeriksa lebih rinci setiap bagian dari planet tersebut.

NASA mengungkapkan, misi MarCO ini masih dalam tahap percobaan. Kendati demikian, NASA sendiri berharap dengan meluncurkan MarCO ini, masa depan teknologi untuk misi luar angkasa jadi lebih cerah. NASA menambahkan, jika berhasil, bisa saja MarCO nantinya akan membantu kinerja misi luar angkasa di masa depan seperti menyebar sepasang panel surya dan antena radio, sehingga metode komunikasi luar angkasa di masa depan dapat lebih baik lagi.

(brl/red)