Tahun 2016, Indonesia akan disambut dengan gerhana matahari total

Tahun 2016, Indonesia akan disambut dengan gerhana matahari total

Techno.id - Gerhana matahari total diprediksi akan sambangi Indonesia tahun depan, lebih tepatnya 9 Maret 2016. Sejumlah astronom menyambut baik kabar kejadian langkah ini sebut saja Lapan, Bosscha dan komunitas astronomi amatir yang akan mensosialisasikan kejadian ini.

Para astronom juga mulai melakukan pengamatan lebih lanjut ke beberapa daerah yang dilewati oleh gerhana matahari total (GMT) seperti Maluku dan Ternate. Taufiq Hidayat sebagai Peneliti Astronomi Observatorium Bosscha mengungkapkan "sebab di sana gerhana paling lama terjadi,".

Taufiq juga akan mmberikan edukasi mengenai fenomena alam yang jarang terjadi ini ke beberapa guru-guru di seluruh Indonesia, bagaimana menikmati keindahan gerhana matahari total.

Sebab Taufiq tidak mau bila penduduk Indonesia harus mengulang kejadian di tahun 1983 dan 1995. Pasalnya penduduk pada waktu itu dihimbau untuk tidak keluar rumah saat kejadian berlangsung.

Padahal Bambang Hidayat, pakar astronomi menyatakan sebanyak 250 astronom dari luar negeri menyambangi Indonesia dan 300.000 turi mancanegara mampir ke Indonesia untuk menyaksikan gerhana matahari total pada 11 Juni 1983.

"Bila 32 tahun lalu ada ratusan ribu orang yang datang ke Indonesia, saya kira tahun depan akan ada lebih banyak orang yang datang ke negara kita hanya untuk melihat fenomena langka ini," imbuhnya.

Berdasarkan Antara (14/04/15), pada tanggal 9 Maret 2016 terdapat beberapa wilayah yang beruntung dilalui gerhana matahari total, seperti Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan dan Ternate. Wilayah-wilayah tersebut akan menikmati kejadian tersebut dalam kurun waktu 3 menit.

Sedangkan wilayah yang tidak dilewati garis litntas gerhana masih bisa menikmati gerhana matahari sebagian (GMS) dengan kurun waktu yang lebih lama berkisar 2 jam 13 menit di mulai pukul 06.19 hingga 08.32 WIB. Bagaimana dengan Anda, masuk dalam wilayah GMS atau GMT?

(brl/red)