Studi: Berhenti Facebook dapat membuat orang lebih bahagia

Studi: Berhenti Facebook dapat membuat orang lebih bahagia

Techno.id - Dewasa ini, mengakses Facebook seketika setelah pengguna terbangun dari tidurnya mungkin sudah merupakan hal biasa. Sebaliknya jika tidak dilakukan, mereka bahkan bisa cenderung lebih gelisah.

Menariknya, sebuah studi yang dilakukan oleh Happiness Research Institute justru menunjukkan fakta sebaliknya. Ya, berhenti bermain Facebook ternyata malah membuat peserta studi merasa lebih bahagia.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (12/11), fakta ini berhasil ditemukan setelah 1.095 pengguna harian Facebook terlibat di dalamnya. Kala itu, sebanyak 50 persennya diminta untuk berhenti mengakses selama seminggu.

Hasilnya, 50 persen peserta yang berhenti dengan Facebook mengaku bahwa mereka merasa lebih puas dengan kehidupan normal. Para peneliti juga menemukan jika tingkat stres dan marah peserta kategori ini juga lebih rendah.

Menurut para peneliti, hal ini disebabkan oleh Facebook yang memang cenderung lebih menyoroti suatu hal yang fenomenal. Misalnya, semakin banyak like dari sebuah status, makin sering pula status itu diperhatikan.

Dampaknya, pengguna Facebook akan selalu terfokus pada hal-hal seperti itu. Mereka pun pada akhirnya akan merasa stres jika hal-hal fenomenal tersebut tidak dapat diikuti secara seksama.

(brl/red)