Software "Baymax" bantu Anda kenali rasa sakit

Software "Baymax" bantu Anda kenali rasa sakit

Techno.id - Peneliti dari University of California, San Diego, Amerika Serikat, baru saja mengembangkan sebuah software yang dapat mengenali rasa sakit hanya dengan melihat ekspresi wajah saja. Seperti dilaporkan oleh Engadget (4/6/15), software ini dikembangkan dari algoritma khusus yang dapat mengukur tingkat rasa sakit hanya dengan melihat ekspresi wajah saja.

Disebutkan, jika Anda meringis misalnya, software secara otomatis bakal mendeteksi bahwa Anda sedang menahan sakit karena pusing atau ada bagian dari tubuh Anda yang mengalami luka. Bahkan, software ini bisa merinci gejala sakit yang Anda rasakan, sehingga Anda bisa mengetahui apa penyebab rasa sakit Anda dan melakukan langkah yang tepat untuk mengobati sakit yang dirasakan.

Software

Ilustrasi tampilan software "Baymax" 2015 engadget.com

Para peneliti mengungkapkan bahwa kehadiran software ini nantinya dapat sangat membantu kinerja tenaga medis ketika harus menangani pasien. Jadi, dengan menggunakan software ini bisa jadi di masa depan dokter bisa sangat dibantu untuk menganalisa kebutuhan pasien terkait pengobatan pasien yang sedang dalam masa penyembuhan pasca operasi, sehingga para dokter bisa memberikan tindakan maupun pengobatan yang tepat bagi para pasiennya.

Nah, jika Anda membutuhkan seorang perawat kesehatan pribadi ala robot Baymax di film animasi Big Hero 6, software ini mungkin bisa menjadi solusinya.

(brl/red)