Sayuran goreng lebih bernutrisi dibanding mentah, benarkah?

Sayuran goreng lebih bernutrisi dibanding mentah, benarkah?

Techno.id - Banyak pendapat yang beredar terkait makanan goreng. Seperti yang banyak diketahui oleh masyarakat, sering mengkonsumsi gorengan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Benarkah demikian?

Bagaimana jika yang digoreng tersebut sayur-sayuran? Apakah juga akan berdampak buruk bagi kesehatan? Seperti yang telah diberitakan oleh Popular Science pada hari Sabtu (23/01/16) lalu, sebuah studi telah dilakukan di University of Granada, Spanyol.

Hasil yang didapat para ilmuwan tersebut adalah, sayuran yang digoreng menggunakan extra virgin olive oil memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan sayuran mentah. Bahkan, nutrisi yang terkandung di dalamnya jauh lebih baik dibandingkan dengan sayuran rebus atau pun metode lain.

Sayuran goreng lebih bernutrisi dibanding mentah, benarkah?

Kentang yang digoreng dengan olive oil
2016 popsci.com/popsci.com

Sayuran mengandung zat yang bernama Phenolic. Zat inilah yang melindungi sayuran dari serangga atau pestisida. Zat tersebut juga ikut andil dalam memberi warna serta rasa pada sayuran. Saat manusia mengkonsumsi sayuran, tubuh manusia juga ikut mendapatkan antioksidan dari Phenolic.

Anti oksidan inilah yang bertugas untuk menjauhkan manusia dari berbagai macam penyakit. Saat melakukan penelitian, para ilmuwan tersebut memasak kentang dengan cara yang berbeda yaitu, menggoreng sampai matang, merebus dalam rendaman air, menumis menggunakan olive oil, serta merebus dalam rendaman air yang diberi olive oil.

Hasilnya, kentang goreng memiliki lebih banyak kandungan antioksidan yang didapat dari Phenolic jika dibandingkan dengan metode lainnya. Nah, apakah Anda masih menganggap bahwa makanan yang digoreng berbahaya bagi kesehatan?

(brl/red)