Perubahan suhu sebabkan kadal jantan berubah kelamin jadi betina!

Perubahan suhu sebabkan kadal jantan berubah kelamin jadi betina!

Techno.id - Sekelompok ilmuwan dari University of Canberra Institute for Applied Ecology baru-baru ini menemukan sebuah fakta yang cukup mengejutkan. Dalam penelitian yang mereka lakukan ditemukan bahwa perubahan iklim yang terjadi secara ekstrem saat ini dapat menyebabkan kadal naga berjenggot asal Australia bisa berganti kelamin secara otomatis.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature tersebut diungkapkan bahwa kadal pejantan dapat bertransisi menjadi kadal betina selama masa inkubasi. Seperti dilansir oleh CNET (6/7/15), perubahan jenis kelamin memang acap kali terjadi pada reptil yang terpapar suhu tertentu. Untuk kasus perubahan jenis kelamin pada kadal naga berjenggot ini, perubahan jenis kelamin pada proses inkubasi dapat terjadi pada suhu lebih dari 34 sampai 37 derajat celcius.

Dalam penelitian tersebut, didapatkan sebuah fakta unik lainnya yakni beberapa kadal betina dari lingkungan dengan suhu panas ternyata memiliki kromosom jantan dan lagi kadal betina dengan kromosom jantan tersebut mampu menghasilkan telur lebih banyak. Penelitian itu menjelaskan, setidaknya satu populasi kadal naga berjenggot memiliki risiko membuat transmisi jenis kelamin di alam liar, sehingga jika dibiarkan maka populasi betina pada hewan ini akan lebih banyak dan membuat keseimbangan populasi menjadi timpang.

Ke depannya, tim peneliti berniat untuk meneliti lebih lanjut mengenai dampak yang diakibatkan dari fenomena alam ini untuk memastikan apakah akan terjadi kepunahan secara massal atau malah bentuk adaptasi baru dari kadal naga berjenggot Australia.

(brl/red)