Nonton TV UHD rasanya bisa mirip dengan naik roller coaster

Nonton TV UHD rasanya bisa mirip dengan naik roller coaster

Techno.id - Menonton televisi bagi sebagian orang bisa menjadi aktivitas relaksasi atau pelepas penat dan lelah. Namun, tahukah Anda ternyata ketika Anda menonton televisi beresolusi UHD (3840x2160 piksel), otak Anda bisa merasakan sesuatu yang berbeda?

Fakta ini berhubungan dengan hasil studi neuropsikologi yang diadakan oleh Samsung dan Mindlab International. Menurut kesimpulan dari studi itu, menonton tayangan di televisi UHD 38 persen lebih immersif pada manusia ketimbang saat menonton televisi Full-HD (1080p). Immersif sendiri kerap merujuk ke gambaran tiga dimensi yang muncul dan dirasakan oleh seseorang di sekelilingnya.

Nah, ketika perasaan immersif itu makin tinggi, artinya keterikatan penonton televisi dengan konten yang ia konsumsi pun meninggi. Peningkatan perasaan immersif itu bisa jadi dirasakan beberapa orang seperti sedang naik roller coaster atau berkencan dengan kekasih. Dua hal itu adalah segelintir contoh aktivitas yang meningkatkan immersif pada manusia.

Dikutip dari blog resmi Samsung (17/11/15), studi berjudul Screen Sensation: The Ultra HD Effect itu melibatkan partisipan dari rentang usia 18 sampai 65 tahun. Masing-masing dari mereka dipertontonkan konten streaming dari Netflix dan pertandingan sepakbola dari dua macam TV, yakni yang beresolusi UHD dan Full-HD. Saat aktivitas itu berlangsung, partisipan menggunakan elektroda di kulit kepala mereka dan dipantau aktivitas Elektroensefalografi (EEG), aktivitas elektrodermal (EDA), serta denyut jantungnya oleh peneliti.

(brl/red)