NASA berniat tanam kentang di Planet Mars

NASA berniat tanam kentang di Planet Mars

Techno.id - Sudahkah Anda menonton film The Martian yang dirilis awal tahun ini? Ya, film yang diperankan oleh aktor Matt Damon itu menceritakan kisah seorang astronot yang berusaha menanam kentang di Planet Mars untuk dapat bertahan hidup.

Di film tersebut, Damon berhasil menumbuhkan kentang di Planet Merah berkat ruangan simulasi Bumi yang ia ciptakan. Fakta menariknya, kejadian fiktif itu ternyata juga akan diuji coba oleh para ilmuwan di dunia nyata.

Sebagaimana dikutip dari CNBC (21/12), para ilmuwan tersebut saat ini tengah bekerja dengan NASA. Sementara dalam proses percobaannya, badan antariksa Amerika Serikat itu akan menggandeng International Potato Center (CIP) yang berbasis di Peru.

Jika konsep film The Martian adalah menanam dengan ruangan simulasi Planet Bumi yang dilakukan di Planet Mars, maka konsep NASA dan CIP adalah sebaliknya. Mereka akan menanam di Bumi dengan ruangan simulasi Planet Mars.

Dalam melakukan simulasinya, para ilmuwan NASA akan menggunakan tanah dari gurun Pampas de La Joya yang ada di Peru. Menurut mereka, jenis tanah di gurun ini memiliki karakter yang mirip dengan jenis tanah yang ada di Planet Mars.

"Jika kita dapat menumbuhkan kentang di Planet Mars, kita bisa menyelamatkan kehidupan di Bumi," ujar Head of Communication CIP, Joel Ranck.

(brl/red)