Menarik, software ini hadirkan resolusi 4K tanpa bikin boros baterai

Menarik, software ini hadirkan resolusi 4K tanpa bikin boros baterai

Techno.id - Salah satu kelemahan dari hadirnya teknologi 4K atau resolusi 3840 x 2160 dalam sebuah gadget adalah membuat daya baterai menjadi cepat habis. Hal ini akhirnya menyebabkan tak banyak produsen berani membuat gadget dengan dukungan 4K secara keseluruhan.

Menariknya, untuk mengatasi hal ini sekelompok peneliti asal Kogakuin University Jepang dengan produsen gadget ternama Fujitsu bekerja sama membuat software yang dapat mengurangi konsumsi daya baterai saat sebuah gadget mengusung fitur 4K pada seluruh tampilan, tak hanya untuk menampilkan video saja.

Seperti dilansir oleh CNET (23/11/15), software ini memungkinkan sebuah gadget nantinya bisa menampilkan resolusi UHD pada kecepatan 30 frame per second tanpa meningkatkan konsumsi daya baterainya.

Dengan software ini, pihak peneliti mengungkapkan jika nantinya resolusi 4K dapat dinikmati dihampir seluruh gadget, bahkan gadget berbiaya rendah sekalipun. Selain itu, software ini memungkinkan teknologi 4K dapat digunakan secara real time pada bidang medis tanpa perlu hardware tambahan.

(brl/red)