Mahasiswa ITB gunakan gelombang air laut untuk hasilkan listrik

Mahasiswa ITB gunakan gelombang air laut untuk hasilkan listrik

Techno.id - Institut Teknologi Bandung sudah sejak lama dikenal banyak kalangan sebagai kampus yang memiliki seabrek prestasi. Tak heran, bila mahasiswanya begitu kreatif hingga mampu membuat sumber energi terbarukan dari gelombang air laut.

Bertepatan dengan ajang ITB Innovation Movement 2015, salah satu timnya yang mengikuti ajang tersebut menciptakan Oseanopori, sebuah alat untuk menghasilkan listrik yang diaktifkan dengan gelombang air laut, seperti yang dikutip dari Brilio (16/04/2015).

Berbeda dengan (PLTGL) Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut yang begitu rumit, alat yang dikembangkan oleh Seanika Development team ini cukup sederhana. Oseanopori buatan mereka hanya terdiri dari rangkaian pipa yang telah didesain khusus.

Mahasiswa ITB gunakan gelombang air laut untuk hasilkan listrik

Ketika deburan ombak masuk ke dalam pipa, turbin di atasnya akan bergerak melalui embusan angin. Begitu pula saat gelombang laut turun yang menyebabkan angin di dalam pipa akan terhisap. Gerakan maju mundur gelombang laut dan angin yang keluar masuk inilah yang menggerakkan turbin untuk menggerakkan generator listrik.

Karya ini dibuat oleh tim yang beranggotakan lima mahasiswa, di antaranya M Mujaddid Harahap, Hanifah Nurawaliah, Danang Prasojo, Ichwaldo Haries S dan Devi Meitia. Mereka berlima merancang Oseanopori agar bisa fleksibel sesuai kondisi gelombang laut. Bahkan, alat tersebut juga dilengkapi dengan peta dan aplikasi pendeteksi angin bernama PoreApp.

(brl/red)