Kerang inspirasi peneliti buat teknologi layar smartphone canggih

Kerang inspirasi peneliti buat teknologi layar smartphone canggih

Techno.id - Unik, satu kata yang paling tepat menggambarkan penelitian dari Amitabhs Ghoshal, seorang fisikawan optik asal University of California Santa Barbara. Pasalnya, Ghoshal dikabarkan bakal membuat teknologi layar smartphone dan televisi yang terinspirasi dari sel warna dalam daging kerang raksasa.

Ya, Ghoshal memang menjadikan kerang yang berhabitat di lautan Pasifik dan Hindia itu sebagai dasar terobosan untuk penelitiannya kali ini. Hal ini dikarenakan si kerang dikenal mampu menghasilkan pelbagai array warna yang mempesona seperti biru, hijau, emas, dan terkadang putih.

Seperti dikutip dari LiveScience (23/1/16), Ghoshal dan timnya secara sistematis menyelidiki setiap warna kerang untuk memahami mekanisme yang terlibat dalam memproduksi warna dan proses biologis yang terdapat didalamnya.

"Kami terus mencari proses yang dilakukan kerang untuk menghasilkan warna-warna yang luar biasa tersebut, terutama saat menghasilkan warna putih." Ghoshal melanjutkan, "Setelah pengamatan intensif akhirnya kami menemukan bahwa warna yang dihasilkan terutama putih berasal dari benjolan atau bola berukuran mikron yang memungkinkan kerang memantulkan cahaya yang terlihat dari pelbagai warna."

Lebih lanjut Ghoshal mengatakan jika sel mikron yang disebut dengan iridocytes itu juga mengandung struktur multilayer kecil protein yang bertindak seperti cermin untuk mencerminkan warna cahaya yang berbeda. Ghoshal pun menambahkan, berdasar hasil penemuannya ini ia berharap timnya bisa membuat struktur yang serupa dengan sel kerang dalam membangun display warna reflektif yang bekerja dengan sumber cahaya ambient seperti sinar matahari atau lampu dalam suatu ruangan.

Jika struktur itu nantinya sudah jadi, Ghoshal mengakui bahwa struktur bakal dapat diaplikasikan pada teknologi layar baik untuk smartphone, tablet, maupun televisi. Teknologi berbasis struktur warna kerang itu kabarnya dapat menghemat konsumsi daya dan lebih ramah pda kesehatan terutama kesehatan mata pengguna.

Sekadar informasi, selain berkeinginan mengaplikasikan hasil pengamatannya untuk teknologi layar perangkat mobile dan eletronik, Ghoshal dan timnya juga berharap mampu mengaplikasikan pengamatannya untuk meningkatkan efisiensi sel surya.

"Kami juga berharap hasil temuan kami ini bisa diaplikasikan untuk membangun sistem distribusi cahaya untuk membuat sel surya 3D lebih efisien," pungkas Ghoshal yang mengaku saat ini sedang membuat prototipe sel surya yang terinspirasi dari kerang bersama Guillermo Beza Direktur Pusat Polimer dan Organik Padat University of California Santa Barbara.

(brl/red)