Kemajuan, ilmuwan temukan bahan bakar sintetis pengganti minyak bumi

Kemajuan, ilmuwan temukan bahan bakar sintetis pengganti minyak bumi

Techno.id - Untuk pertama kalinya, sekelompok peneliti asal Lulea Unoversity of Technology mengungkapkan jika mereka telah berhasil menciptakan sebuah bahan bakar sintetis dari pirolisis (bahan minyak organik yang didapat dari proses pemanasan dan pendinginan dalam lingkungan bebas oksigen) bio-minyak yang dianggap mampu menggantikan minyak bumi.

"Kami telah berhasil membuat terobosan dengan mengembangkan proses baru membuat sebuah bahan bakar sintetis pengganti minyak bumi," ujar Erik Furusjo, pemimpin proyek penelitian ini.

Seperti dikutip dari NDTV (19/12/15), para peneliti menggunakan metode co-gasifikasi dengan bantuan cairan hitam khusus untuk membuat bahan bakar sintetis. Disebutkan bahwa cairan hitam mampu mengubah bahan organik menjadi gas minyak pirolisis yang sangat berguna untuk menjadi pengganti minyak bumi yang saat ini masih banyak digunakan untuk bahan bakar mobil atau transportasi lainnya.

Proyek yang disebut sebagai Catalytic Gasification ini telah mendapat pembiayaan penuh dari Badan Energi dan Konsorsium Industri Swedia. Jika tak ada halangan, kemungkinan besar se-truk bahan bakar sintesis besutan Furusjo dan kawan-kawan ini bakal mampu menjalankan sebuah mobil mengelilingi bumi hingga sepuluh kali. Hebat bukan?

(brl/red)