Jangan salah paham, orang bicara sendiri bukan gila tapi jenius

Jangan salah paham, orang bicara sendiri bukan gila tapi jenius

Techno.id - Setiap orang memiliki kebiasaan yang tak sama satu sama lain. Ada orang yang hobinya sering membicarakan orang lain, namun ada pula orang yang suka bicara sendiri. Sayangnya, orang yang bicara sendiri sering disangka gila, padahal sebuah penelitian yang dilakukan seorang psikolog Gary Lupyan tidak demikian.

Ilmuwan ini ingin menjelaskan bahwa orang yang bicara sendiri itu tidak gila. Untuk menguatkan argumennya, dia melakukan penelitian dengan mengajak 20 relawan. Mereka semua diminta untuk mengingat belanjaan yang dibeli di supermarket. Sebanyak 10 relawan diminta untuk diam saat mengingat dan setengahnya lagi disuruh untuk mengingat sambil mengucapkan apa yang harus dibeli.

Setelah kembali, ternyata benar, orang yang mengingat belanjaan dengan cara diucapkan dapat menemukan belanjaan lebih cepat 50 sampai 100 milidetik dibandingkan yang diam. Dari sini, dia dan temannya seorang psikolog juga, Daniel Swigley menyimpulkan bahwa orang yang bicara dengan dirinya sendiri termasuk orang yang jenius.

Mereka berdua juga mengatakan bahwa bicara sendiri dapat mengaktifkan mekanisme sensorik untuk memvisualisasikan kata. Dengan begitu, ucapan-ucapan yang keluar dari mulut akan terus terlihat sebagai gambaran nyata di memori otak Anda. Selain itu, bicara sendiri menjadikan seseorang lebih fokus, seperti yang disampaikan oleh Lifehack.

(brl/red)