Istimewa, baterai ini bisa mati sendiri saat alami 'overheating'

Istimewa, baterai ini bisa mati sendiri saat alami 'overheating'

Techno.id - Dewasa ini makin banyak masalah kebakaran atau ledakan yang terjadi akibat masalah overheating (terlalu panas) pada baterai lithium ion. Nah, untuk mengatasi hal itu beberapa peneliti asal Stanford University membuat sebuah baterai yang mampu kurangi risiko berbahaya saat terjadi overheating.

Para peneliti seperti dilansir oleh SlahsGear (12/1/16), mengungkapkan bahwa baterai ciptaannya ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan baterai lithium ion kebanyakan. Hanya saja peneliti mengaku bahan dasar yang digunakanlah yang membuat baterai mampu mati sendiri ketika overheating.

Peneliti mengaku menggunakan partikel nikel runcing dengan lapisan graphene (lapisan tebal atom karbon) sebagai salah satu bahan dasar baterai. Partikel-partikel tersebut kabarnya akan ditanam dalam lapisan film tipis polietilen yang elastis.

Lapisan film tersebut kabarnya bakal ditempelkan pada salah satu elektroda baterai sehingga arus listrik dapat mengalir melalui itu. Nah, ketika baterai suatu waktu terlalu panas maka lapisan film bakal meregang secara otomatis dan partikel bakal tersebar untuk menghentikan aliran listrik yang berbahaya.

Kendati sangat menjanjikan, belum diketahui kapan baterai istimewa ini bakal mulai digunakan di industri secara massal.

(brl/red)