Ingin lepas dari kecanduan rokok? Bermainlah games tetris

Ingin lepas dari kecanduan rokok? Bermainlah games tetris

Techno.id - Anda atau pasangan Anda ingin lepas dari kecanduan rokok? Jika iya, maka bermainlah games legendaris tetris. Games menyusun balok-balok berwarna-warni ini disebut-sebut bisa mengurangi efek kecanduan seseorang terhadap rokok.

Menurut ilmuwan dari University Plymouth dan Quensland University of Technology Australia yang menggagas penelitian ini, bermain games klasik (tetris) diduga bisa mengurangi efek ketergantungan terhadap obat, makanan, rokok, bahkan seks. Dalam penelitian yang dipublikasikan melalui jurnal Addictive Behaviors tersebut, para peneliti mengungkapkan jika bermain games klasik dalam hal ini tetris, dapat 'melemahkan' kecanduan dengan cara yang sangat alami.

Dikutip dari DigitalTrends (14/8/15), sekelompok mahasiswa yang dijadikan 'kelinci percobaan' dalam penelitian ini menunjukkan pengurangan hasrat untuk merokok setelah 15 menit non stop dianjurkan untuk bermain games tetris. Menurut peneliti, penurunan hasrat merokok itu disebabkan proses mental yang mampu mengendalikan dan memuaskan keinginan untuk merokok selama proses bermain games tetris.

Profesor Jackie Anrade dari Plymouth University mengatakan jika bermain games tetris sama dengan memanipulasi proses kognitif otak untuk fokus pada permainan. Profesor Andrade menambahkan, sangat sulit bagi seseorang untuk memikirkan hal lain, dalam hal ini merokok, pada saat bermain games tetris dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi, ia memastikan jika seorang pecandu rokok dibiarkan untuk bermain games tetris dalam jangka waktu tertentu maka ketergantungannya pada rokok bisa berkurang.

Lebih lanjut peneliti menjelaskan jika sebenarnya games apa pun bisa digunakan untuk mendukung 'terapi' ini, termasuk games Candy Crush. Tertarik mempraktekkannya?

(brl/red)