Gerhana matahari total juga bisa Anda nikmati via situs ini loh!

Gerhana matahari total juga bisa Anda nikmati via situs ini loh!

Techno.id - Sebagaimana diketahui, gerhana matahari total dilaporkan akan menghampiri wilayah Indonesia besok Rabu (9/3/16). Sayangnya, tak semua wilayah Indonesia ternyata dihampiri oleh fenomena langka yang kali terakhir terjadi di Indonesia tahun 1995.

Ya, fenomena gerhana matahari total kabarnya hanya bisa dinikmati secara maksimal oleh masyarakat yang tinggal di wilayah provinsi Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur. Lalu di wilayah provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan juga Maluku Utara.

Nah, bagaimana bagi Anda yang tak tinggal di wilayah itu? Apakah Anda serta merta tak bisa menikmati fenomena yang hanya menghampiri wilayah darat Indonesia ini?

Tentu saja jawabannya tidak. Bagi Anda yang tinggal di wilayah yang tak dilewati pergerakan gerhana matahari total, Anda masih bisa menikmatinya via situs.

Ya, beberapa situs resmi lembaga pemerintahan dan juga penelitian antariksa dalam dan luar negeri dilaporkan akan menayangkan secara langsung fenomena tersebut di situs mereka. Jadi, bagi Anda yang tinggal di wilayah yang tak dilewati pergerakan gerhana matahari total pun masih bisa menikmati fenomena yang diperkirakan bakal menghampiri Indonesia lagi di tahun 2023.

Adapun situs-situs yang bakal menayangkan fenomena gerhana matahari total adalah:

  1. LAPAN https://gerhana-indonesia.id/id/live-streaming/
  2. NASA https://www.nasa.gov/multimedia/nasatv/index.html?
  3. Bosscha Observatory ITB https://bosscha.itb.ac.id/
  4. BMKG https://media.bmkg.go.id/gmt.bmkg
  5. Slooh https://live.slooh.com/stadium/live/total-solar-eclipse-2016
  6. Exploratorium https://www.exploratorium.edu/eclipse/

Perlu diingat, sebelum Anda live streaming prosesi gerhana matahari esok pagi pastikan jaringan internet Anda telah stabil. Hal ini sangat penting karena jaringan internet yang stabil bakal membantu Anda menikmati pergerakan gerhana matahari dengan nyaman.

(brl/red)