Galaksi tertua di alam semesta telah ditemukan

Galaksi tertua di alam semesta telah ditemukan

Techno.id - Tim peneliti yang berasal dari Universitas Yale dan UC Santa Cruz, Amerika Serikat, mengumumkan bahwa mereka baru saja menemukan galaksi paling tua di alam semesta. Dikutip dari Engadget (6/5/15), galaksi yang dikenal dengan nama EGS-zs8-1 itu, disebutkan berjarak sekitar 13 miliar tahun cahaya dari bumi.

Pascal Oeash, astronom asal Univeritas Yale yang juga anggota dalam tim peneliti ini menyatakan, EGS-zs8-1 memiliki massa 15 persen lebih berat dari massa galaksi Bima Sakti.

"Galaksi tersebut (EGS-zs8-1) hanya membutuhkan waktu 670 tahun untuk membentuk diri. Ketika itu galaksi yang kita tinggali ini masih sangat muda," ungkap Oeash.

Para astronom pertama kali melihat EGS-zs8-1 menggunakan teleskop Hubble. Rencananya penelitian lebih dalam akan dilakukan setelah teleskop James Webb diluncurkan pada 2018 nanti.

"Kami yakin nantinya penelitian terhadap EGS-zs8-1 akan lebih mudah setelah teleskop James Webb diluncurkan pada 2018. Besar harapan kami dengan diluncurkannya teleskop James Webb gambaran yang lebih jelas tentang pembentukan galaksi pada awal kosmik dapat segera kami ketahui," tutup Garth Illingworth, tim peneliti dari Universitas California, Santa Cruz.

(brl/red)