Di masa depan, sumber energi bisa saja berasal dari usus serangga!

Di masa depan, sumber energi bisa saja berasal dari usus serangga!

Techno.id - Jika Anda tak percaya dengan kalimat judul di atas, cobalah untuk melihat video presentasi dari peneliti Lab Berkeley, Javier Ceja-Navarro berikut ini.

Dalam video presentasi tersebut Ceja-Navarro menjelaskan bahwa masa depan energi bisa saja terletak di bagian tersembunyi dalam usus serangga. Seperti dikutip dari Gizmodo (7/5/15), Ceja-Navarro meneliti mikroba yang terdapat dalam usus serangga. Setelah diteliti, mikroba-mikroba yang berasal dari sumber makanan serangga seperti kayu, biji kopi, dan nutrisi dalam tanah tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyerap karbon dalam tanah, memecah biofuel (bahan bakar hayati) dengan cepat, bahkan mencegah hama merusak tanaman.

Ceja-Navarro mencontohkan, mikroba yang terdapat dalam usus kumbang passalid setelah diteliti dapat dimanfaatkan untuk menarik energi dari serat ligin yang 'terkunci' dalam tanaman. Jika bisa diketahui bagaimana mikroba tersebut bekerja, mungkin ke depannya bisa diketahui cara untuk memroses atau memecah tanaman menjadi biofuel dengan lebih cepat dan mudah.

Hasil temuan dari Ceja-Navarro ini tentunya sangat menarik dan 'menyegarkan', mengingat fokus penelitian ini dalam menggunakan proses yang terjadi secara alamiah. Semoga saja penelitian ini dapat terus berlanjut, sehingga sumber energi baru yang lebih alamiah dapat terus ditemukan.

(brl/red)