Dari gerakan kursor mouse, peneliti tahu Anda sedang sedih atau kesal

Dari gerakan kursor mouse, peneliti tahu Anda sedang sedih atau kesal

Techno.id - Di dalam ilmu pengetahuan, apa sih yang tak dapat dipelajari? Hampir semua hal di dunia ini bisa dipelajari, termasuk mengetahui isi hati seseorang dari gerakan kursor mouse. Kalau tak percaya, bertanyalah pada peneliti di Brigham Young University.

Belum lama ini, mereka telah menemukan cara yang akurat untuk mengetahui bahwa seseorang sedang marah dari analisis gerakan mouse di komputer. Ini mungkin terdengar aneh, tapi penemuan ini telah membantu desainer sebuah situs dan pengembang software untuk memenuhi antarmuka pengguna dari keadaan emosi.

Profesor dan pakar sistem informasi di Brigham Young University, Jeffrey Jenkins mengatakan bahwa gerakan kursor menjadi jauh kurang akurat ketika Anda sedang merasa sedih atau kesal. Selain itu, mereka yang sedang bersedih akan terlihat lebih melambat dalam menggerakkan kursor mouse.

Dengan begitu, apabila teknologi ini dipakai oleh seorang pengembang web, tentunya mereka akan mampu mengenali pengguna yang berbeda-beda. Bahkan, Jenkins percaya, temuannya ini juga bisa diterapkan pada aplikasi di smartphone, seperti yang dikutip dari DigitalTrends (14/12/2015).

Merasa hasil penelitiannya sangat berguna, maka Jenkins segera mematenkan penemuannya tadi dengan nama Neuro-ID. Lebih lanjut, teknologi ini juga telah digunakan oleh perusahaan untuk mencari hal-hal yang mencurigakan pada calon pegawai selama mereka mengisi formulir online dan kuisioner.

(brl/red)