Dapat suntikan dana 762 miliar, NASA siap kirim manusia ke Mars

Dapat suntikan dana 762 miliar, NASA siap kirim manusia ke Mars

Techno.id - Setelah cukup lama terkatung-katung, akhirnya dipenghujung tahun 2015 ini NASA berhasil meraih pendanaan untuk misi eksplorasi ke Mars. Seperti dilansir oleh NDTV (30/12/15), NASA mendapat pendanaan sekitar USD 55 juta atau setara Rp762 miliar.

Dana itu didapat dari pemerintah Amerika atas arahan dari presiden Obama yang memang menghendaki NASA kembali melakukan misi eksplorasi besar ke luar angkasa. Dana itu rencananya akan digunakan untuk membangun fasilitas pendukung misi eksplorasi Mars, Habitation Augmentation Module.

Pasca pendanaan ini, NASA ditarget mampu menyelesaikan pembangunan modul itu selambat-lambatnya pada tahun 2018. Target ini kabarnya wajib dipenuhi jika NASA ingin segera memberangkatkan awaknya ke Mars pada tahun 2030 mendatang.

Sekadar informasi, dalam beberapa bulan terakhir NASA telah meningkatkan proses pembangunan fasilitas modul huni yang diharapkan telah siap diuji di ruang cislunar (terletak antara orbit bumi dan bulan) pada tahun 2020 mendatang. Proses uji coba modul ini dilaporkan NASA sangat diperlukan, mengingat perjalanan jauh yang akan dilalui untuk ke Mars maka perlu diketahui apakah modul tersebut cukup ringan untuk melintasi luar angkasa dan kebal terhadap radiasi.

Selain mempersiapkan modul, kini NASA tengah memperbaiki SLS atau NASA Space Launch System, sebuah roket yang telah berpengalaman membawa misi Orion mengeksplorasi bulan beberapa waktu lalu. SLS kabarnya akan digunakan untuk menunjang penerbangan menuju misi eksplorasi luar angkasa terbesar dalam sejarah peradaban manusia tersebut.

(brl/red)