Buset, 20 ribu "sampah" penuhi luar angkasa!

Buset, 20 ribu "sampah" penuhi luar angkasa!

Techno.id - Tahukah Anda jika jumlah sampah antariksa yang berterbangan di atas ruang angkasa seluruh dunia mencapai 20 ribu jenis kepingan? Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menyampaikan bahwa perlu dilakukan pemantau secara berkala terhadap sampah-sampah yang berserakan tersebut.

Seperti diberitakan oleh Antara (6/6/15), pemantauan tersebut perlu dilakukan untuk menghindari tabrakan dengan satelit Indonesia dan juga mengantisipasi adanya potensi jatuh ke bumi.

"Potensi jatuh tetap ada. Makanya, harus terus diawasi dan memperingatkan masyarakat serta lembaga terkait guna menghindari efek bahaya yang timbul dari sampah tersebut jika jatuh," tuturnya.

Saat ini, Lapan belum mempunyai teknologi canggih yang memadai untuk membersihkan sampah-sampah tersebut. Namun, menurut Thomas usaha penelitian tetap diarahkan untuk menuju ke arah perbaikan angkasa Indonesia.

"Salah satu cara mengembangkan iptek adalah dengan mengadakan kerja sama seperti ini, karena kami juga akan banyak mendapat masukan ilmu," jelasnya.

Menurut Thomas, salah satu bentuk kerja sama yang disebutkan adalah pemanfaatan teknologi antariksa untuk perencanaan pembangunan nasional. Untuk itu, menurutnya, Lapan perlu menggandeng perguruan tinggi untuk mengembangkan teknologi antariksa di Indonesia. Adapun beberapa perguruan tinggi yang akan diajak untuk bekerja sama adalah Universitas Udayana, Universitas Ahmad Dahlan, dan Universitas Gajah Mada.

(brl/red)