Ban Goodyear mampu mengubah energi panas menjadi listrik

Ban Goodyear mampu mengubah energi panas menjadi listrik

Techno.id - Bayangkan seandainya Anda mengendarai mobil elektrik dalam sebuah perjalanan ke luar kota. Di tengah perjalanan, stok daya baterai Anda tiba-tiba habis sementara tak ada sumber daya listrik di sekitar Anda. Skenario mengerikan ini sering kali menghantui para pengguna mobil elektrik. Celah inilah yang dibidik Goodyear. Teknologi ban mobil yang saat ini sedang mereka kembangkan nantinya akan mampu mengisi daya baterai mobil listrik.

Menurut informasi dari Cnet (4/3/2015), ban yang dijuluki BH03 ini menggunakan lapisan berbahan thermopiezoelektrik. Ban ini menyerap panas yang dihasilkan oleh gesekan ban dengan aspal menjadi energi listrik.

BH03 tetap menghasilkan listrik, ketika mobil sedang terparkir di bawah teriknya matahari. Hal ini dikarenakan material ban BH03 dirancang dengan tekstur hitam pekat yang dapat menyerap cahaya dan panas.

Tidak berhenti sampai di situ, ada kelebihan lain dari BH03 yang juga membantu dalam perjalanan. Goodyear memberikan teknologi berupa tabung internal pada ban BH03, untuk menyesuaikan tekanan ban pada kondisi jalan tertentu.

Ide inovatif yang ditawarkan Goodyear sepertinya akan menginspirasi merek ban lain untuk menciptakan ban yang lebih baik. Tahun lalu pada acara yang sama, Goodyear juga membuat inovasi dengan konsep dua model ukiran ban. Bagian luar ban dirancang agar nyaman untuk on-road, sedang yang dalam dibuat untuk off-road. Menarik bukan? Anda dapat menggunakan ban ini dalam dua kondisi sekaligus.

Goodyear kemungkinan tidak akan memasarkan ban ini dalam waktu dekat. Namun, dengan bocoran teknologi yang dimiliki ban tersebut, dapat dipastikan banyak pengguna yang menginginkan BH03 disematkan pada mobil mereka.

(brl/red)