Aerobik diklaim dapat menekan risiko terserang Alzhaimer pada manula

Aerobik diklaim dapat menekan risiko terserang Alzhaimer pada manula

Techno.id - Sebuah studi yang dipelopori oleh peneliti dari The Jackson Laboratory, Bar Harbor, Amerika menemukan bahwa olahraga aerobik dapat menekan risiko terserang penyakit Alzhaimer pada manula (manusia usia lanjut). Menurut hasil penelitian yang resmi dipublikasikan di Journal PLOS Biology ini, olahraga yang mengombinasikan beberapa gerakan tersebut dapat mencegah kerusakan struktural otak akibat perubahan usia.

Seperti dilansir oleh ScienceDaily (29/10/15), salah satu penyebab seorang manula terserang Alzhaimer adalah karena adanya kerusakan struktural otak berupa peradangan pada bagian korteks yang mengakibatkan kurangnya pasokan darah ke otak. Jika tak ditangani dengan baik, peradangan tersebut dapat menurunkan fungsi kognitif dan sensorimotorik otak yang kemudian berujung pada hilangnya kemampuan manusia untuk mengingat atau melakukan aktivitas sehari-hari seperti memasak dan lain sebagainya.

Nah, menurut penelitian yang dipimpin oleh Gareth Howell dan Ileana Soto ini, olahraga aerobik diklaim akan membuat otak produktif meski telah memasuki usia senja. Otak yang produktif, terutama saat berada di usia senja sangat penting bagi manula karena dapat mengurangi efek penurunan fungsi kognitif dan sensorimotorik yang berujung pada meningkatnya risiko terserang penyakit Alzhaimer.

Berdasar hasil studinya ini, para peneliti sangat menganjurkan kepada masyarakat teurtama yang telah memasuki usia senja untuk rajin berolahraga seperti aerobik supaya terhindar dari risiko penyakit Alzhaimer.

(brl/red)