Tanpa kipas, MacBook terbaru ini jadi super tipis

Tanpa kipas, MacBook terbaru ini jadi super tipis

Bertempat di Yerba Buena Center, California, hari Senin (09/03/15) Tim Cook dengan bangga memperkenalkan MacBook terbaru Apple yang dijagokan sebagai laptop super tipis dengan ketebalan hanya 13,1mm saja. Untuk mencapai bodi seramping ini, para desainer Apple harus membuang kipas pendingin. Namun jangan khawatir karena meskipun tanpa kipas pendingin, MacBook teranyar ini tak akan kegerahan.

Pemasangan chip Intel Core M yang hanya menyedot daya sekitar 5 watt membuat dapur pacu laptop ini tak menghasilkan panas berlebihan. Karena itu tak perlu lagi ada kipas pendingin ataupun heat pipe. Panas dibuang lewat lembaran anisotropic graphite tanpa menghasilkan bunyi mendesing khas kipas pendingin.

Penurunan dimensi ini jelas berdampak pada bobot total MacBook yang tak sampai menyentuh angka satu kilogram. Meski begitu, Apple masih sanggup menanamkan banyak hardware mumpuni termasuk layar Retina Display seluas 12 inci dengan resolusi 2.304 x 1.440 piksel, papan kunci yang lapang dan nyaman digunakan, Force Touch trackpad, RAM 8GB, dan media penyimpan berupa flash drive berkapasitas sampai 512GB.

(brl/red)