Ternyata ini media sosial yang paling disukai wanita

Ternyata ini media sosial yang paling disukai wanita

Techno.id - Demografi pengguna internet selalu menarik untuk diikuti. Selain penting bagi pemasang iklan untuk mendapatkan target konsumen yang tepat, karakter platform media sosial juga bisa dipengaruhi dan dibentuk oleh dominasi jenis kelamin user-nya. Saat Pew Research Center meneliti lima media sosial terbesar saat ini, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan LinkedIn, ternyata berhasil ditemukan kesenjangan berdasarkan jenis kelamin pengguna di platform tersebut.

Lewat riset yang dilakukan pada September 2014 dengan 2.003 sampel dari Amerika Serikat itu, berhasil diperoleh fakta bahwa wanita lebih suka menggunakan Pinterest. Media sosial yang diluncurkan Maret 2010 lalu tercatat memiliki 42 persen pengguna wanita. Angka tersebut jauh lebih tinggi daripada persentase pria yang suka ber-Pinterest ria, yakni sekitar 13 persen saja.

Sedangkan perbandingan pengguna pria dan wanita Facebook dan Instagram ternyata tidak jauh terpaut. Facebook, yang dalam riset tersebut tidak menunjukkan peningkatan jumlah user baru dibandingkan tahun lalu, memiliki 77 persen pengguna wanita aktif. Perolehan tersebut 11 persen lebih tinggi ketimbang pengguna berjenis kelamin laki-laki. Selisih yang juga tak terlalu timpang juga ditunjukkan oleh Instagram, dengan 29 persen user perempuan dan 22 persen lelaki di dalamnya.

Di sisi lain, pengguna laki-laki terbukti lebih mendominasi di Twitter dan LinkedIn. Media sosial berlambang burung biru itu, misalnya, punya 24 persen pengguna pria. Persentase tersebut lebih tinggi tiga persen dari pengguna wanita. Sifat heterogen LinkedIn juga nampak jelas dari data ini, berkat catatan 28 persen user pria berbanding dengan 27 persen wanita saja.

(brl/red)